Search

Bang Doel - Kerak Telur Betawi


Dikondisi pandemi dan PPKM seperti ini, risiko pengurangan pendapatan bahkan kehilangan pekerjaan selalu dihadapi sama pedagang-pedagang usaha informal. Mereka harus, dan mau enggak mau menyesuaikan diri dengan keadaan sekarang.


Di Pasar Baru ada Pedagang Kerak Telur terknal yang selalu mangkal di tempat yang sama dan akrab banget sama pembelinya. Namanya Bang Doel!


Siapa yang enggak tau Kerak Telur? Makanan asli daerah Jakarta (Betawi) yang sering kita temui di acara-acara festival makanan, kondangan, dan di berbagai tempat. Kerak Telur bahkan sudah ada dari zaman kolonial Belanda! Makanan tradisional yang makin susah kita temui.


Rame Rame Jakarta beberapa hari yang lalu ngobrol-ngobrol dengan Bang Doel ngomongin PPKM dan jualan Kerak Telurnya Bang Doel nih. Yuk simak obrolan singkatnya!


Bang Doel udah jualan Kerak Telur sejak kapan?

Udah lama, udah 20 tahun lebih. Sepupu saya juga jual kerak telur, semacam tradisi ya buat orang Betawi.


Jadi biasanya di mana tempat jualannya?

Tadinya di jalan utama Pasar Baru itu, tapi karena PPKM ini ditutup, enggak ada orang lewat situ lagi. Makanya saya jadi pindah ke sini.


PPKM ini berpengaruh banget ya bang?

Iya, PPKM tahun ini jauh lebih susah dari PSBB kemarin. Sekarang kan orang perlu surat jalan untuk masuk kawasan jadi enggak ada yang mau belanja di Pasar Baru pas weekend, jadi ya sepi. Ini masa paling susah selama jualan sih, takut nanti juga kalau udah new normal jualan makanan tradisional begini enggak menarik lagi.


Jadi kalo sepi begitu apakah Bang Doel melayani pesan online?

Saya ga punya rekening bank, jadi ga bisa daftar gofood gitu. Biasanya saya melayani acara juga, kondangan atau acara buka kantor baru misalnya. Karena udah ga ada semua itu, jadi makin susah lagi. Soalnya kerak telur lumayan mahal kan, jadi orang ga mau beli kalo lagi susah cari duit.


Memang berapa bang kalau Kerak Telur ini satunya?

Harganya 20 ribu per porsi, kalau telur bebek 25 ribu, jadi orang lebih milih beli makan yang lebih murah tapi lebih mengenyangkan.


Sehari biasanya bisa jual berapa bang?

Akhir-akhir ini turun terus, kadang enggak ada yang beli. Turunnya ya 75% lebih.


Kalau enggak bisa di gofood mungkin kami bisa bantu promosikan ya, bisa lewat pesanan enggak?

Bisa, saya nerimanya pesanan online aja lewat WA (085814161841). Atau koordinasi langsung sama sopir ojek online, bayarnya cash gitu. Saya ada di google maps juga kalau dicari.


Oke Bang Doel, terimakasih sempat ngobrol ya.

Ya enggak apa-apa, sehat-sehat ya.


10 views0 comments

Recent Posts

See All