top of page
Search

Mas Ilman - Warung Nasi Uduk



Siang mas, gimana orang sini bisa menghadapi banjir kalo musim hujan begini?

Ya, gimana ya, udah terbiasa di sini kita. Saya lahir sini, bapak saya juga udah lama di sini. Ada dua sungai sini kan, satu di sebelah situ satu lagi di belakang sana. Kalo hujan deras pasti ada banjir, maka selalu bersiap aja gitu.


Ya kami udah sempat ngobrol sama mas Salim, dia jual STMJ dekat sini. Pas Tahun baru 2019/2020 di bilang begitu.

Oh ya saya juga udah kenal mas Salim itu. Tahun baru lalu itu memang luar biasa ya… enggak mungkin kita siap buat itu kan, air naik jam subuh pagi. Tapi karena di sini sering banjir ada orang yang tetap bangun malam supaya bisa kasih tau kalo bakal banjir.


Oh, jadi ada orang yang selalu waspada ya?

Ada. Kalo lagi musim hujan kan selalu mungkin banjir di sini. Ada juga orang di Bogor yang kabarin kalo air di sana udah mulai naik juga, biar kita di sini siap, gitu. Banjir selutut cukup sering, lima tahun sekali ada yang gede banget, tapi kawasan yang dalam, lebih rendah lagi, lebih sering kena. Biasanya udah mulai surut sore atau malam, tapi pernah ada yang 2-3 hari juga.


Terus kalo jadi, gimana dengan warung ini, mas?

Paling taruh kulkas di atas meja, bawa barang ke lantai 1. Saya tinggal di seberang unit ini jadi masih dekat. Banyak orang sini ada gudang khusus buat naruh barang kalo banjir juga. Pasti bakal ada kerugian stok ya, tapi biasanya barang berat saya enggak kebawa air.


Selain persiapan sendiri, ada koordinasi enggak ya di sini, dari RT misalnya?

Koordinasi dari RW/lurah ada, ada dapur umum dekat sini, dan semua orang paling tau kalo evakuasi ke mana. Ada juga tim di balai warga yang membantu kalo ada yang susah juga.


Oh gitu ya. Selain banjir bang, gimana dengan dampak pandemi di sini?

Alhamdulillah kalo saya sendiri masih ada banyak yang beli. Sini kan banyak kosan kan, jadi kalo kantor tutup, work from home gitu ya, lebih banyak tetap di kawasan ini, belinya makan siang dari saya.


Oh ya, terimakasih mas.

Iya, enggak apa-apa.

0 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page